Bulan Bakti dan Jasa Kepada Orang Tua dan Leluhur

  • April 12, 2014
DALAM RANGKA WAISAK 2558/2014, KCI MEMPERSEMBAHKAN:
BULAN BAKTI & JASA KEPADA ORANG TUA & LELUHUR

 

DEDIKASI UNTUK SEMUA LELUHUR, IBU-IBU KITA, DAN PARA ORANG TUA, UMUR PANJANG YM. DAGPO RINPOCHE, PEMBANGUNAN BIARA & KEBERLANGSUNGAN SILSILAH EMAS

 

PROLOG OLEH YM. SUHU BHADRARUCI

 

Alkisah, dalam sebuah perjalanan, Sang Bhagava bersama dengan Ananda dan rombongan bhiksu menjumpai seonggok tulang manusia di pinggir jalan. Sang Bhagava menghampiri onggokan ini dan beranjali dengan penuh hormat di hadapannya. Ananda kemudian bertanya kenapa Sang Bhagava melakukan hal tersebut. Sang Bhagava menjawab, “Onggokan tulang ini mungkin adalah para leluhur kita di kehidupan lampau. Mereka mungkin adalah orang tuaku dalam banyak kehidupan lampau. Itulah sebabnya sekarang aku bersujud.”

Kebaikan orang tua adalah besar dan penting dan perhatian mereka yang lemah lembut tidak pernah berhenti. Dari saat mereka bangun tiap pagi, pikiran mereka selalu tertuju pada anaknya. Apakah anak anak dekat atau jauh, orang tua selalu memikirkan mereka. Meski seorang ibu hidup hanya selama delapan puluh tahun, ia akan selalu mengkhawatirkan anaknya yang mungkin mencapai umur seratus tahun. Tahukah anda bilamana kebaikan rasa cinta yang demikian itu berakhir? Ia bahkan tak pernah berkurang hingga akhir hayat.

Lalu Ananda bertanya, “Bagaimanakah cara kita membalas kebaikan orang tua kita?” Sang Bhagava menjawab, “Bila ada seseorang yang mengangkat ayahnya dengan bahu kirinya dan ibunya dengan bahu kanannya, dan oleh karena beratnya menembus tulang sumsumnya hingga tulang-tulangnya hancur menjadi debu, dan orang tersebut mengelilingi puncak Semeru seratus ribu kalpa lamanya hingga darah yang keluar dari kakinya membasahi pergelangan kakinya, orang tersebut belum cukup membalas kebaikan yang mendalam dari orang tuanya.” Kesimpulannya, hanya dengan memberi kedua orang tua kita Dharma, kita bisa membalas kebaikan mereka.

Saat ini, lingkungan dan masyarakat kita semakin dipenuhi energi negatif, sedangkan kita butuh banyak sekali energi positif untuk perkembangan batin kita. Sebab utamanya bukan karena tak ada lagi orang baik, tapi karena orang baik belum muncul. Kita wajib menghasilkan orang-orang baik. Tak hanya satu-dua, namun berbilang-bilang orang baik. Dan tak ada tempat sebaik komunitas kecil seperti keluarga untuk mencapai tujuan kita ini: menghasilkan banyak orang baik dan menyebarkan energi positif di mana-mana. Alasannya, keluarga adalah bagian terpenting dari rangkaian kehidupan manusia. Membangun komunikasi yang baik, menjalin hubungan yang harmonis dengan setiap anggotanya, dan menyatakan rasa sayang dan cinta kita pada mereka – semua ini adalah prasyarat manusia untuk memenuhi kebutuhan sosio-kulturalnya dalam masyarakat.

Oleh karenanya, mari kita sambut Waisak tahun 2014 dengan bersandar sepenuhnya pada keluarga. Pertama, dengan mengingat kebaikan hati mereka, kita dapat menumbuhkan niat bajik dalam aktivitas dedikasi. Kedua, dengan dukungan dan sokongan mereka, kita memperoleh kondisi yang tepat untuk melakukan praktik spiritual.

IKUTI RANGKAIAN ACARA BULAN BAKTI & JASA KCI:
1. PENGUMPULAN MANTRA TARA PUTIH SEBANYAK-BANYAKNYA Dengan kebaikan hati Tara Putih, beliau berjanji bagi siapa yang menyebutkan namanya, akan dilindungi dari marabahaya, kemalangan, penyakit dan sebab-sebab umur pendek. Dengan mempersembahkan mantra ini sebanyak-banyaknya kepada Guru Spiritual kita, maka kebajikan yang diperoleh menjadi dua kali lipat besarnya. Terlebih lagi jika dilakukan secara massal dengan teman-teman sedharma.

 

DILAKUKAN OLEH PRIBADI
HARI/TANGGAL: DIMULAI TANGGAL 15 APRIL – 14 MEI 2014
TARGET : MINIMAL 108 PUTARAN MALA IN TOTAL

 

2. TARA PUJA INDIVIDU 1X PER MINGGU & TARA PUJA BERSAMA
Tara puja sangat efektif menghalau 80.000 penghalang baik di luar maupun di dalam diri kita. Tara Puja menghasilkan energi positif besar baik bagi diri sendiri maupun sekeliling kita.

 

HARI/TANGGAL: ANTARA TANGGAL 15 APRIL – 14 MEI 2014
INDIVIDU 1 X PERMINGGU ANTARA HARI SENIN-SABTU
BERSAMA SETIAP MINGGU, 20, 27 APRIL, 4 DAN 11 MEI 201
WAKTU: DISESUAIKAN DENGAN JADWAL MASING-MASING.

 

3. ATTHA SILA 14 HARI SEBELUM HARI WAISAK, 1-14 MEI 2014

Attha Sila memiliki kekuatan yang sangat besar guna menjamin kelahiran manusia dengan 8 kebebasan dan 10 Keberuntungan. Kebajikan ini akan berkali lipat jika dilakukan pada tanggal-tanggal tertentu dimana Buddha dan para Bodhisattva mencapai penerangan. Bulan Waisaka adalah puncak dimana seluruh kebajikan menjadi lengkap dan sempurna.

 

4. PELEPASAN MAKHLUK HIDUP (FANGSHEN) 1x PER MINGGU

Melepas makhluk hidup merupakan kebaikan yang besar dan merupakan abhaya dana. Dengan kebajikan ini kita bisa mendedikasikannya untuk umur panjang dan kesehatan Guru kita, keluarga kita, dan kita sendiri, demi praktek Dharma kita.

BERSAMA-SAMA FANGSHEN RUTIN TIAP HARI MINGGU, 20, 27, 4, DAN 11 MEI 2014

 

5. WAISAK DI MASING-MASING CENTER, 15 MEI 2014
Mari rayakan Waisak bersama di center terdekat kalian. Lakukan puja bersama, fangshen dan renungan waisak.
Semoga kita dapat melestarikan tradisi Bulan Bajik ini setiap tahun dan menjadikannya momen yang tak terlupakan dalam hidup kita.
Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi:
Gubernur daerah masing-masing

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *